Minggu, 15 Maret 2009

weblog VS Website dan Potensi yang ada

Kemajuan teknologi telah merubah pola hidup dan pola pikir manusia, kini manusia cenderung melakukan segala sesuatunya dengan cepat dan praktis, salah satu contoh nyatanya adalah dengan kebiasaan orang untuk berbelanja online, belanja secara online memungkinkan orang berbelanja lebih banyak barang tetapi dalam waktu yang relative lebih singkat.

Tren ini membuat para produsen barang ataupun distributor melakukancara baru untuk memasarkan barangnya yaitu dengan juga menggunakan internet sebagai toko online mereka, untuk memungkinkan berjualan secara online mereka memerlukan “pintu gerbang” agar dapat diakses oleh para konsumennya, pintu gerbang itu sendiri dapat berupa website atau blog.

Website dan blog masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, untuk soal tampilan, jelas website lebih unggul dibandingkan blog yang notabene hanya dapat menampilkan teks dan grafik yang sangat sederhana, tetapi soal efektivitas dan efisiensi, blog jauh lebih unggul dibandingkan dengan website, Ada beberapa hal yang membuat blog jauh lebih unggul dalam hal ini antara lain adalah masalah biaya, biaya yang diperlukan untuk membuat blog sangatlah kecil, bahkan ada beberapa penyedia layanan blog menawarkan blog secara gratis. Kemudian untuk meng up date berita atau posting di dalam blog juga sangatlah mudah karena tidak diperlukannya web hosting sebagai pengelola blog, kita sendiri dapat dengan mudah menambahkan posting, menghapus dan menghapus posting atau berita yang terdapat di dalam blog kita.

Tentunya ada beberapa fakta yang perlu kita sadari dibalik maraknya penggunaan blog sebagai media pemasaran, menurut penelitian sebuah lembaga di amerika, ada sekitar 77 juta pengguna atau pengakses blog didunia ini, hal ini diikuti oleh pengunjung facebook sebanyak 41 juta orang dan masih banyak lagi. Di asia, pengunjung blog sangat didominasi oleh pria dengan 77% dari total sedang di amerika, pengaksesnya hampir seimbang dengan 57% pengakses pria.

Dengan melihat fakta di atas tentulah kita sadar bahwa betapa besarnya potensi yang mungkin kita dapatkan jika kita berpromosi melalui blog, melihatnya banyaknya pengakses, kita bisa dikatakan berpromosi kepada semua orang di dunia ini dengan biaya yang relatif murah dan cara yang cukup mudah. Hanya dengan mempromosikan produk kita menggunakan blog, tanpa biaya tambahan orang-orang akan mengakses blog tersebut dan akan membaca iklan yang ada di blog tersebut. Mudah bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar