Jumat, 27 Februari 2009

Kriteria blog sukses

Pastinya seorang blogger ingin agar blog yang dia punya menjadi blog yang sukses. Namun tak jarang kita dihadapkan pada kebingunan perihal seperti apa blog sukses itu?

Ukuran kesuksesan sebuah blog menurutku sangat subyektif karena selama ini aku gak pernah nemuin sebuah artikel yang membahas ukuran kesuksesan sebuah blog. Oleh karena itulah aku memberanikan diri untuk sedikit mengulas perihal ukuran kesuksesan sebuah blog.

Tak perlu protes kalo parameter dan ukuran yang aku berikan ini kalian anggap sampah. Karena sudah jelas ini adalah subyektif dari hasil blogging selama ini. Tapi kalo ini bakal kalian pakai sebagai patokan ya silakan aja.

Langsung aja deh berikut ini adalah faktor-faktor yang (menurutku) menjadi indikasi kesuksesan sebuah blog :
1. Page Rank dan Traffik Tinggi. Sepertinya inilah faktor utama sebuah blog dapat dikatakan sukses. Trafik yang tinggi mengindikasikan bahwa suatu blog mempunyai nilai lebih yang membuatnya banyak mendapatkan backlink dan membuat visitornya selalu kembali. Dan otomatis hal itu membuat page rank naek.
2. Tingginya jumlah pelanggan RSS Feeds. Seseorang memutuskan untuk menjadi pelanggan RSS Feeds suatu blog pasti ada alasannya. Dan alasan tersebut pastilah terkait dengan konten yang disajikan mempunyai mutu dan manfaat sehingga menjadikan para visitornya ketakutan untuk tertinggal dari setiap postingan terbaru. Sehingga masuk akal kan kalo aku bilang jumlah pelanggan RSS Feeds juga merupakan sebuah indikator akan kesuksesan sebuah blog.
3. Banyaknya komentar di setiap postingan. Meski setengah dari puluhan bahkan ratusan komentar komentar yang masuk di tiap postingan adalah spam, hal tersebut menurutku gak bisa dikatakan bahwa postingan yang ada adalah sampah. Karena biar bagaimanapun para spammer ini juga visitor yang mempengaruhi trafik.

Bagaimana dengan Brandal Surga? Apakah sudah bisa dikatakan sebagai blog yang sukses? Jujur aku bilang BELUM. Masih sangat jauh untuk dapat dikatakan sukses. Tapi yang jelas aku berusaha keras untuk mewujudkan Brandal Surga sebagai sebuah blog yang sukses. Setidaknya sukses menurut versiku hehehe…

Nah bagaimana dengan blog kalian?
Happy blogging....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar