Sabtu, 28 Februari 2009

Membuat Autorun ternyata semudah berkiriman komen di FS

Mungkin sobat pernah mendengar istilah ini, Autorun. Dari beberapa lokasi yang saya kunjungi, baik itu di blogsite & website lokal maupun luar, kebanyakan darinya merekomendasikan penonaktifan/blocking fasilitas ini. Alasannya, hampir serupa yakni banyaknya virus yang memanfaatkan celah di sini untuk menyusup dan menginfeksi PC via removable Disk, seperti Flash Disk dan Memory Card Handphone. Tapi, di trik kali ini tidak sedang membahas bahaya yang bisa ditimbulkan terhadap pc dari unblocking fasilitas ini, tetapi bagaimana cara membuat fasilitas (autorun) ini. Terdengar sedikit beresiko, tapi bukankah resiko sudah jadi bagian dari anak-anak TI?

Caranya sangat gampang, bahkan boleh dikatakan lebih gampang dan cepat dibandingin ngirim komen pake tambahan tag HTML. Nggak percaya, nie caranya.

Buat sebuah text file di notepad, dan beri nama "AutoRun.inf" (tanpa tanda kutip), selanjutnya tambahkan text file yang barusan kita buat tadi ke file program yang akan ditambahkan autorun-nya...
Formatnya begini :

[autorun]
open=<program yang bakal dibuat autorunnya>
icon=<icon ico buat program>

contoh:
[autorun]
open=program.exe
icon=programicon.ico

Yang perlu kita ingat, autorun tidak hanya bisa dipakai pada program executable saja, tetapi kita pun bisa menambahkannya pada program-program unexecutable, seperti yang biasa dipakai dalam pembuatan readme.htm dan index.htm.
Format pembuatannya sedikit diubah.

[autorun]
shellexecute=readme.htm
icon=programicon.ico

Langkah akhir, tambahkan file berisi autorun yang barusan dibuat ke CD Burn, kelar!!

Note : penempatan file "Autorun" ini mesti di root directory!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar